KOTA MALANG – Siswa dan Siswi SMAN 9 Malang beruntung, karena sejak dini, mereka sudah diajari cara berwirausaha. Karena, hanya lewat acara Good Day Jitu 2018 Hidup Perlu Banyak Rasa, khususnya event Teenpreneur Challenge 2018, para siswa diajari bagaimana cara berbisnis dan tim dari SMAN 9 Malang melakukannya dengan baik.

Ditanyai MC acara, Tim dari SMAN 9 sendiri mengaku memanfaatkan cara Door to Door dengan melakukan direct selling atau penjualan langsung. “Acara semacam ini perlu dikembangkan karena sudah sejalan dengan program yang ada di sekolah, yaitu Wirausaha,” papar Dr. Abdul Tedy MPd, Kepsek SMAN 9 Malang.

Penampilan ekstrakurikuler dari SMAN 9 Malang pada acara ini juga diapresiasi Kepala sekolah yang sedari tadi menonton acara Good Day School to School kali ini. “Dengan penampilan esktrakurikuler yang ada di sekolah ini juga bisa mendukung siswa untuk terus mengembangkan diri dalam program di luar kegiatan belajar mengajar,” lanjutnya.

Ditambah adanya sharing session dari Triaini Fadjrin Juliana, Mahasiswi kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang juga seorang pengusaha yang sudah memiliki omzet puluhan juta rupiah menambah ilmu para siswa.

“Caranya ya menabung uang saku, uang saku ditabung sedikit sedikit, trus itu buat modal kita untuk usaha,” beber Aini.

Aini mengatakan jangan hanya membuat usaha yang sedang booming atau happening. “Itu biasanya hanya sementara, jadi mending membuat usaha yang memang menjadi passion dan hobby kita,” lanjut cewek asal Malang ini. Ia menghimbau para siswa untuk membuat start-up yang memang disukai dan diminati sesuai hobby masing masing. “Pokoknya jangan mengikuti trend,” paparnya.

Siswa asal SMAN 9, Alwi Assegaf malah mengaku berjualan handphone untuk mengisi waktu luangnya. Siswa lainnya mengaku bermimpi membuat sepatu dari bahan daur ulang. Hal itu tentu diapresiasi Aini pada sharing session kali ini.

“Punya mimpi pun sudah merupakan nilai plus, tinggal bagaimana melawan rasa malas,” tutup Aini pada Sharing Session di hadapan Guru dan siswa SMAN 9 Kali ini.

Pewarta : Elfran vido
foto: Elfran vido
Penyunting : Shuvia Rahma