Menyesap single origin kopi, alias kopi original memang menjadi kenikmatan tersendiri. Namun tak ada salahnya mencampurkan berbagai bahan untuk menghasilkan cita rasa yang tak kalah ciamik dari versi aslinya. Bahan campuran ini juga menyiasati konsumsi kopi bagi orang-orang yang tak terlalu suka rasa pahit.

Menurut pegiat kopi, Aditya Ong, ada beberapa bahan yang bisa di-mix dengan kopi dan bisa menghadirkan rasa yang nikmat. “Jahe, gula aren, arang, pun bisa menjadi bahan campuran kopi terutama yang racikan tradisional,” kata Adit.

1. Jahe

Rempah-rempah ini sudah lama menjadi campuran dalam kopi, terutama racikan tradisional. Jahe yang dicampurkan pada kopi memberikan efek hangat pada tubuh. Cara membuatnya cukup sederhana, jahe yang masih segar dikupas dan dicuci bersih. Setelah itu jahe digeprak dan dimasukkan ke dalam kopi. Cara lain, jahe yang sudah dikupas, diiris tipis kemudian dimasukkan ke dalam kopi. Takaran jahe bisa disesuaikan dengan selera.

2. Gula Aren

Gula aren menjadi pemanis kopi yang cukup banyak peminatnya ketimbang gula pasir. Pemanis tradisional ini menghasilkan rasa manis nan legit pada kopi. Salah satu pecinta kopi dengan gula aren adalah Princessa Arima. Mahasiswi UMM ini termasuk pecinta kopi dengan campuran gula aren. “Kalau pakai gula pasir nggak nikmat. Ketika pakai gula aren. Rasanya menyatu banget dengan kopi,” cerita Arima dengan semangat.

3. Arang


Kopi arang menjadi salah satu menu kopi yang banyak ditemui di Jawa dengan nama kopi jos. Arang yang dicampurkan pada kopi harus bersih dan dalam kondisi membara. Aroma gosong pada arang akan memperkuat rasa kopi. Biasanya, kopi jos menjadi favorit pecinta kopi kental dan pahit. Cara membuatnya cukup mudah, arang dibakar hingga membara, kemudian dimasukkan ke dalam kopi yang telah diseduh. Bunyi joss dari arang panas yang masuk ke dalam kopi panas itulah yang menjadi cikal bakal nama kopi jos.

4. Santan


Kopi santan menjadi alternatif bagi penikmat kopi yang alergi dengan produk dairy milk. Kopi santan juga menjadi salah satu menu minuman andalan para pelaku diet keto.
“Saya diet keto. Karena nggak boleh mengonsumsi gula, akhirnya gula saya ganti dengan santan. Enak. Jadi kopi ada gurih-gurihnya gitu,” cerita Dian Agustin, ibu rumah tangga yang tinggal di kawasan jalan terusan Surabaya.

5. Garam


Kopi dan garam? Mungkin terdengar aneh. Namun komposisi ini bisa berguna untuk mengurangi rasa pahit terlalu kuat pada kopi. Tak ada takaran khusus untuk menu ini. Tambahkan saja sedikit demi sedikit hingga terasa pas sesuai selera. Paling pas, garam dicampurkan pada kopi dingin.

6. Telur

Telur sudah menjadi bahan campuran kopi yang dikenal di banyak negara seperti Hungaria, Skandinavia, dan Vietnam. Khusus di Vietnam, kopi telur ini dinamai Ca Phe Trung. Menu minuman ini sebenarnya tidak asing di kalangan praktisi kesehatan.

Dilansir dari The Health Site, Director Nutrisi Canadian Men’s National Basketball, Marc Bubbs mengatakan kombinasi antara kopi dan telur sebelum melakukan latihan kardio di pagi hari membuat tubuh lebih berenergi sehingga lebih banyak kalori terbakar dalam latihan.

Pewarta: Shuvia Rahma
Penyunting: Kholid Amrullah