MALANG KOTA – Kepala SMKN 12 Malang begitu mengapresiasi adanya ‘Local Heroes’, pengusaha lokal asal Malang yang turut memotivasi para siswa siswinya agar jadi wirausahawan pada acara Good Day Jitu perdana di sekolahnya Sabtu (20/10).

“Ya, kami langsung tangkap ini. Sebab wirausaha juga sudah merupakan budaya di SMKN 12 Malang,” terang Kepala SMKN 12 Malang, Dra Lilik Sulityowati MSi.

Ia menjelaskan, di sekolahnya terdapat budaya SBW yang merupakan kependekan dari sarapan, bawa bekal, dan wirausaha.

Sama halnya sarapan dan membawa bekal yang dirasa membantu untuk sumber energi, wirausaha juga salah satu budaya yang melekat pada jiwa siswa siswi maupun alumnis SMKN 12 Malang.

“Sebab dengan wirausaha anak itu dibenturkan dengan masyarakat. Dengan guru atau dengan teman,” terangnya.

Oleh karena itu, adanya motivator yang merupakan pelaku usaha sebenarnya diharapkan bisa menginspirasi anak didiknya dalam mengatur keuangan dan tidak mudah putus asa.

“Mereka mungkin dapat uang sedikit, jadi juga harus pandai-pandai men-manage uangnya,” terang dia.

“Mereka harus dilatih sejak awal, sebab setelah lulus mereka harus survive. Dan juga harus dilatih kreatif,” tegas Lilik.

Untuk diketahui, pada acara Good Day Jitu School To School di SMKN 12 MALANG Sabtu (20/10) tersebut Good Day menhadirkan loacal heroes mahasisiwi yang jadi wirausahawan muda, Triaini Fadjrin Juliana. Ia memiliki usaha beromset puluhan juta setiap bulannya.

Pewarta: Gigih Mazda
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto: Gigih Mazda