KOTA MALANG – Puluhan siswa dan siswi SMA-SMK di Kota Malang bisa dibilang beruntung bisa berbagi ilmu tentang bagaimana berjualan dengan modal minim sejak dini. Acara bertajuk Good Day Schoolicious Teenpreneur Challenge 2018 besutan Kopi Good Day dan Jawa Pos Radar Malang yang diadakan di SMKN 12 Malang ini memang ingin menggandeng anak-anak muda untuk sukses dan mengembangkan skill wirausaha sejak dini.

Dalam Sharing dan Technical Meeting yang diadakan di SMKN 12 Malang, para peserta diajak sharing dengan salah satu wirausahawan yang punya omzet puluhan juta asal Kota Malang, Triaini Fadjrin Juliana.

“Acara ini bagus sih jadi bisa mengajarkan kita bagaimana berwirausaha itu. Karena kebetulan saya mulai usaha itu juga sejak SMA,” ujar cewek yang biasa dipanggil Aini ini.

Berwirausaha rupanya tidak membuat Aini buruk di bidang akademik. Tapi kebalikannya, ia malah baik di bidang akademik. “Jadi gak perlu takut kalau wirausaha itu bisa membuat nilai jelek. Tinggal cara kita mengatur waktu saja,” sambung cewek yang juga bertugas sebagai Person In Charge (PIC) produknya ini.

Para peserta yang diisi anak SMA dan SMK se Malang raya ini juga diberikan product knowledge tentang produk-produk kopi Good Day dan bagaimana memanfaatkan peluang.

“Sangat bermanfaat, kita diajari untuk berwirausaha sejak dini, dengan bahan yang mudah dicari juga di masyarakat, yaitu Good Day,” ungkap Anugrah Bany salah satu peserta dari SMA 1 Lawang, Kabupaten Malang hari ini.

Kepala SMKN 12 Malang Dra. Lilik Sulistiowati M.Si menyambut baik acara ini. “Anak-anak remaja itu butuh eksistensi diri, pikiran sekarang bisa menciptakan duit, jadi mereka lebih butuh praktik daripada teori,” ungkap Lilik.

Krissumedi, Regional Promotion Coordinator Good Day Area Jawa Timur mengatakan, acara Teenpreneur Challenge ini pertama kalinya ada di tahun ini. “Kalau acara Good Day Jitu memang ada tahun kemarin, tapi kalau acara ini spesial tahun ini,” ungkap Kris.

Harapannya, acara ini sanggup memperkaya pengetahuan dan pengalaman dalam berwirausaha di masa yang akan datang. “Semakin dini kan semakin baik,” singkatnya.

Pewarta: Elfran Vido
Penyunting: Kholid Amrullah
Fotografer: Elfran Vido